Rabu, 01 Oktober 2014

Perlukah Tes Prestasi?



         Perlukah tes prestasi? Apa fungsinya dari tes prestasi? Kenapa harus ada tes prestasi? Segelintir orang terkadang mempertanyakan hal yang sama seperti pertanyaan diatas. Namun tidak sedikit orang yang mampu menjawabnya.
Yuk kita ulas sedikit tentang Tes Prestasi
Menurut I.L Pasaribu dan B. Simanjuntak (1983:91) menyatakan bahwa “prestasi belajar adalah isi dan kapasitas seseorang. Maksudnya adalah hasil yang diperoleh seseorang setelah mengikuti pendidikan ataupun pelatihan tertentu. Ini bisa ditentukan dengan memberikan tes pada akhir pendidikan itu”. Arif Gunarso (Sunarto, 2012) mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah usaha maksimalyang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Prestasi dapat diukurmelalui tes yang sering dikenal dengan tes prestasi belajar.Dan lagi menurut Bloom (Sunarto, 2012) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaituKognitif, Afektif dan Psikomotor
 Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah perubahantingkah laku mencakup tiga aspek (kognitif, afektif dan motorik) seperti penguasaan, penggunaan dan penilaian berbagai pengetahuan dan ketrampilan sebagai akibat atau hasil dari proses belajar dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya yang tertuang dalam nilai yang diberikan oleh guru.
Fungsi dari tes pretasi itu adalah sebagai berikut:
1.      Tes sebagai pengukur prestasi
Robert L.Ebel(1979) mengatakan bahwa fungsi utama tes prestasi dikelas adalah mengukur prestasi belajar para siswa. Adalahsuatu kesalahfahaman bila menggangap bahwa apa yang dapat dilakukan oleh tes prestasi semata-mat memberikan angka untuk dimasukkan kedalam rapor murud atau kedalamlaporan hasil study mahasiswa. Sesungguhnya prosedur tes guna mengukur prestasi mengandung nilai-nilai pendidikan yang sangat penting,dimana tes membantu para guru/pendidik memberikan nilai yang valid dan akurat. Terdapat persepsi yang sangat kuat dalam diri siswa maupun mahasiswa dimana nilaiyang baik merupakan tanda keberhasilan belajar yang tinggi sedangkan nilai tes dianggap sebagai satu-satunya indicator yang memppunyai arti penting maka nilai itulah yang biasanya menjadi target usaha meraka dalam belajar.
2.      Tes sebagai Motivator dalam Belajar
Hampir semua ahli teori belajar,baik pengikut faham behaviorisme maupun kognitivisme,menekankan pentingnya umpan balik berupa nilai guna meningkatkan belajar(thorndike,et.al.,1991). Pengalaman menunjukkan bahwa siswa akan belajar lebih giat dan berusaha lebih keras apabila mereka mengetahui bahwa di akhir program dilakukan tes untuk mengetahui nilai dan prestasi mereka.Robert L.Ebel(1979) mengemukkakan pula bahwa tes kadang-kadang dianggap sebagai motivator ekstrinsik atau motivator dari luar diri. Memperoleh nilai baik adalah suaturewarding learning experience,yaitu pengalaman belajar yang menyenangkan.


Tes prestasi belajar merupakan salah satu alat pengukuran di bidang pendidikan yang sangat penting. Oleh sebab itu tes prestasi sangatlah penting digunakan karena selain kita dapat mengetahui seberapa pahamnya siswa tentang materi yang diajarkan kita juga bisa membangkitkan motivasi yang ada pada anak didik kita.


Yoanita Permata Sari
1125115045
Non Reg C 2011

untuk lebih lengkapnya silahkan buka link dibawah ini

Merci :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar